Vulnerability Disclosure: Pengertian, Maksud, dan Pembahasannya!

2 min read

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Cybersecurity Atau Keamanan Siber

Berikut ini adalah postingan artikel kategori Cybersecurity yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata vulnerability disclosure berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Vulnerability Disclosure

Apa itu sebetulnya yang dimaksud dengan vulnerability disclosure ini?

Pengungkapan kerentanan adalah kebijakan yang dipraktikkan oleh organisasi serta individu mengenai pengungkapan atau penerbitan informasi mengenai kerentanan keamanan dan eksploitasi yang berkaitan dengan sistem komputer, jaringan atau perangkat lunak.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa peretas etis dan pakar keamanan komputer percaya bahwa itu adalah tanggung jawab sosial mereka untuk membuat masyarakat umum sadar akan kerentanan yang mungkin berdampak pada mereka, jika tidak, keheningan dapat menyebabkan perasaan keamanan yang salah dan menyebabkan orang berpuas diri , mengarah ke risiko lebih lanjut.

Pengungkapan kerentanan juga dikenal sebagai pengungkapan penuh kerentanan atau hanya pengungkapan penuh.

Pembahasan dari Apa itu Pengertian, Arti, dan Istilah Teknis Kata Vulnerability Disclosure

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Vulnerability Disclosure
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Vulnerability Disclosure

Baik, agar kita dapat lebih mendalami arti penjelasan serta maksud dari acronym atau kata tersebut di atas, pastinya kita juga perlu memahami lebih dalam tentang pembahasan terkait apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi vulnerability disclosure.

Pengungkapan Kerentanan adalah praktik menerbitkan rincian kerentanan keamanan kepada masyarakat umum untuk pengawasan dan untuk memaksa vendor perangkat lunak dan perangkat keras untuk menambal masalah ini dengan cepat.

Sebelum pengungkapan kerentanan, vendor perangkat lunak dan perangkat keras mengandalkan keamanan kerahasiaan, yang berarti mereka berharap bahwa kerentanan apa pun yang mereka miliki tidak akan ditemukan dan dieksploitasi oleh peretas.

Namun, peretas telah terbukti berkali -kali bahwa jika ada kerentanan, mereka kemungkinan besar akan menemukannya cepat atau lambat.

Sebelum pengungkapan kerentanan menjadi praktik umum, peneliti keamanan yang akan melaporkan kerentanan yang mereka temukan sering diabaikan, dan beberapa bahkan mengancam dengan tuntutan hukum jika kerentanan diketahui.

Beberapa perusahaan bahkan memperlakukan kerentanan ini sebagai ″teoretis″ sampai seorang peretas yang baik -baik saja menemukan dan mengeksploitasi mereka, pada saat itu perusahaan harus dengan cepat mengembangkan tambalan dan kemudian meminta maaf sebesar -besarnya kepada pelanggan mereka.

Itulah sebabnya sekelompok perusahaan dan peneliti keamanan berkumpul untuk membentuk ″pengungkapan tanggung jawab,″ yang mengandalkan ancaman menerbitkan kerentanan untuk membuat perusahaan tersebut melakukan sesuatu tentang hal itu.

Proses untuk pengungkapan kerentanan dimulai ketika kerentanan ditemukan di komputer atau sistem perangkat keras.

Orang yang menemukan itu memberi tahu perusahaan dengan rincian kerentanan sehingga mereka dapat mengambil tindakan.

Setelah 45 hari, apakah perusahaan telah merilis tambalan atau tidak, kerentanan diungkapkan secara publik.

Istilah Sinomim:

Pengungkapan penuh kerentanan, pengungkapan penuh

Seperti yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan V, serta merupakan terms yang terkait dengan Cybersecurity.

Arti Vulnerability Disclosure dalam Kamus Terjemahan Bahasa Indonesia dan Inggris

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata vulnerability disclosure dalam kamus terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris.

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di artikel ini Kami akan menguraikannya berupa tabel terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris sebagai berikut.

Tipe Bahasa Indonesia Bahasa Inggris
Terminologi pengungkapan kerentanan vulnerability disclosure
Kategori keamanan cyber cybersecurity

Penutup

Baiklah, di atas adalah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari vulnerability disclosure.

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasan terkait apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi artikel lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog UrlWebsite Kami.

Sumber (Referensi)

Artikel ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia dan Techterms. Kata Vulnerability Disclosure ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Cybersecurity” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan V. Artikel ini di-update pada bulan Jun tahun 2024.

UrlWebsite Blog: Membahas Teknologi Lebih Lanjut!