Virtual Machine (VM): Pengertian, Arti, Contoh + Pembahasannya!

2 menit membaca

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Containers Dan Virtualization Atau Wadah Dan Virtualisasi

Berikut ini adalah postingan artikel kategori DevOps yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata virtual machine (vm) berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Virtual Machine (VM)

Apa itu sebetulnya yang dimaksud dengan virtual machine (vm) ini?

Mesin virtual (VM) adalah file gambar yang dikelola oleh hypervisor yang menunjukkan perilaku komputer terpisah, yang mampu melakukan tugas -tugas seperti menjalankan aplikasi dan program seperti komputer yang terpisah.

Dengan kata lain, VM adalah aplikasi perangkat lunak yang melakukan sebagian besar fungsi komputer fisik, sebenarnya berperilaku sebagai sistem komputer yang terpisah.

Mesin virtual, biasanya dikenal sebagai tamu, dibuat dalam lingkungan komputasi lain yang disebut sebagai ″host.″ Beberapa mesin virtual dapat ada dalam satu host pada satu waktu.

Pembahasan dari Apa itu Pengertian, Arti, serta Contoh dari Istilah Virtual Machine (VM)

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Virtual Machine (VM)
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Virtual Machine (VM)

Baik, agar kita dapat lebih mendalami arti penjelasan serta maksud dari acronym atau kata tersebut di atas, pastinya kita juga perlu memahami lebih dalam tentang pembahasan mengenai apa itu pengertian, maksud, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi virtual machine (vm).

Mesin virtual menjadi lebih umum dengan evolusi teknologi virtualisasi.

Mesin virtual sering dibuat untuk melakukan tugas -tugas tertentu yang berbeda dari tugas yang dilakukan di lingkungan host.

Mereka juga banyak diimplementasikan sebagai lingkungan kotak pasir yang dipisahkan dari sisa jaringan.

Baca juga :  Nofollow: Pengertian, Maksud, dan Pembahasannya!

Misalnya, mereka dapat digunakan untuk tujuan pengujian, terutama untuk melakukan tugas-tugas berisiko seperti menjalankan perangkat lunak berbahaya, menguji sistem operasi, dan mengakses data yang terinfeksi malware.

VM juga digunakan dalam produksi dan sebagai cadangan.

Mesin virtual diimplementasikan oleh metode emulasi perangkat lunak atau teknik virtualisasi perangkat keras.

Perangkat lunak ringan yang dikenal sebagai hypervisor mengalokasikan sumber daya komputasi (RAM, daya CPU, memori, penyimpanan, dll.) Dari server atau host untuk setiap VM, membuat semuanya terpisah untuk menghindari gangguan.

Sistem operasi dan aplikasi komputer dipisahkan dari perangkat kerasnya sehingga setiap mesin virtual baru dapat mengakses sumber daya fisik server asli, yang dikelola oleh hypervisor.

VM memiliki sumber daya perangkat keras virtual yang memetakan ke perangkat keras fisik di server (host).

Ini memungkinkan penyeimbangan beban sumber daya di seluruh VM pada satu host.

Bergantung pada penggunaan dan tingkat korespondensi dengan komputer fisik apa pun, mesin virtual dapat dibagi menjadi dua kategori:

Mesin virtual sistem

Platform sistem yang mendukung berbagi sumber daya fisik komputer host antara beberapa mesin virtual, masing -masing berjalan dengan salinan sistem operasi sendiri.

Teknik virtualisasi disediakan oleh hypervisor, yang dapat berjalan baik pada perangkat keras telanjang atau di atas sistem operasi.

Memproses mesin virtual

Juga dikenal sebagai Application VM, mesin virtual proses dirancang untuk menyediakan lingkungan pemrograman platform-independen yang mendukung satu proses.

Itu dibuat ketika proses dimulai, dan dihancurkan saat keluar.

Proses VM digunakan untuk menutupi informasi perangkat keras atau sistem operasi yang mendasarinya, dan memungkinkan pelaksanaan program terjadi dengan cara yang sama pada platform yang diberikan.

Pro dan kontra dari mesin virtual

Baca juga :  Internal Hard Drive: Pengertian, Arti, dan Pembahasannya!

Beberapa keuntungan dari mesin virtual meliputi:

Memungkinkan beberapa lingkungan sistem operasi pada satu komputer fisik tanpa intervensi.

Mesin virtual tersedia secara luas dan mudah dikelola dan dipelihara.

Menawarkan opsi penyediaan aplikasi dan pemulihan bencana.

VM dapat dibuat atau direplikasi dengan sangat cepat dengan mengkloningnya dengan OS yang sudah diinstal, daripada menginstal OS baru di server fisik.

VM menawarkan ketersediaan tinggi karena dapat dipindahkan dari satu server ke server lainnya untuk tujuan pemeliharaan, bahkan saat berjalan.

Beberapa kelemahan mesin virtual meliputi:

Mereka tidak seefisien komputer fisik karena sumber daya perangkat keras didistribusikan secara tidak langsung.

Beberapa VM yang berjalan pada satu mesin fisik dapat memberikan kinerja yang tidak stabil.

Seperti yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan V, serta merupakan terms yang terkait dengan DevOps dengan subkategori Containers dan Virtualization.

Arti Virtual Machine (VM) dalam Kamus Terjemahan Bahasa Indonesia dan Inggris

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata virtual machine (vm) dalam kamus terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris.

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di artikel ini Kami akan menguraikannya berupa tabel terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris sebagai berikut.

Tipe Bahasa Indonesia Bahasa Inggris
Terminologi mesin virtual (vm) virtual machine (vm)
Kategori devop devops

Penutup

Baiklah, di atas adalah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari virtual machine (vm).

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Baca juga :  Fork Bomb: Pengertian, Maksud, Contoh + Pembahasannya!

Lihat juga pembahasan mengenai apa itu pengertian, maksud, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi artikel lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog UrlWebsite Kami.

Sumber (Referensi)

Artikel ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia dan Techterms. Kata Virtual Machine (VM) ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “DevOps dengan subkategori Containers dan Virtualization” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan V. Artikel ini di-update pada bulan Feb tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UrlWebsite Blog: Membahas Teknologi Lebih Lanjut!