Switched-Mode Power Supply (SMPS): Pengertian, Arti, dan Pembahasannya!

2 min read

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Hardware Atau Perangkat Keras

Berikut ini adalah postingan artikel kategori Hardware yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata switched-mode power supply (smps) berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Switched-Mode Power Supply (SMPS)

Apa itu sebetulnya yang dimaksud dengan switched-mode power supply (smps) ini?

Catu Daya Sakelar-Mode (SMPS) adalah sirkuit elektronik yang mengubah daya menggunakan perangkat switching yang dihidupkan dan dimatikan pada frekuensi tinggi, dan komponen penyimpanan seperti induktor atau kapasitor untuk memasok daya ketika perangkat switching berada dalam non-konduksinya negara.

Catu daya switching memiliki efisiensi tinggi dan banyak digunakan dalam berbagai peralatan elektronik, termasuk komputer dan peralatan sensitif lainnya yang membutuhkan catu daya yang stabil dan efisien.

Catu daya mode-sakelar juga dikenal sebagai catu daya mode sakelar atau catu daya mode switching.

Pembahasan dari Apa itu Pengertian, Makna, dan Istilah Teknis Kata Switched-Mode Power Supply (SMPS)

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Switched-Mode Power Supply (SMPS)
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Switched-Mode Power Supply (SMPS)

Baik, agar kita dapat lebih mendalami arti penjelasan serta maksud dari acronym atau kata tersebut di atas, pastinya kita juga perlu memahami lebih dalam tentang pembahasandari apa itu pengertian, maksud, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi switched-mode power supply (smps).

Catu daya mode-sakelar diklasifikasikan sesuai dengan jenis tegangan input dan output.

Empat kategori utama adalah:

AC ke DC
DC ke DC
DC ke AC
Ac ke ac

Catu daya AC yang terisolasi ke DC-Mode DC terdiri dari:

Input penyearah dan filter
Inverter yang terdiri dari perangkat switching seperti MOSFET
Transformator
Penyearah dan filter keluaran
Sirkuit Umpan Balik dan Kontrol

Pasokan DC input dari penyearah atau baterai diumpankan ke inverter di mana ia dihidupkan dan dimatikan pada frekuensi tinggi antara 20 kHz dan 200 kHz dengan switching MOSFET atau transistor daya.

Pulsa tegangan frekuensi tinggi dari inverter diumpankan ke belitan primer transformator, dan output AC sekunder diperbaiki dan dihaluskan untuk menghasilkan tegangan DC yang diperlukan.

Sirkuit umpan balik memantau tegangan output dan menginstruksikan sirkuit kontrol untuk menyesuaikan siklus tugas untuk mempertahankan output pada level yang diinginkan.

Ada berbagai konfigurasi sirkuit yang dikenal sebagai topologi, masing -masing memiliki karakteristik unik, keunggulan dan mode operasi, yang menentukan bagaimana daya input ditransfer ke output.

Sebagian besar topologi yang umum digunakan seperti flyback, dorong-tarik, setengah jembatan dan jembatan penuh, terdiri dari transformator untuk memberikan isolasi, penskalaan tegangan, dan tegangan output berganda.

Konfigurasi yang tidak terisolasi tidak memiliki transformator dan konversi daya disediakan oleh transfer energi induktif.

Keuntungan dari catu daya mode-switched:

Efisiensi lebih tinggi dari 68% hingga 90%
Output yang diatur dan dapat diandalkan terlepas dari variasi tegangan suplai input
Ukuran kecil dan lebih ringan
Teknologi Fleksibel
Kepadatan daya tinggi

Kekurangan:

Menghasilkan gangguan elektromagnetik
Desain Sirkuit Kompleks
Mahal dibandingkan dengan persediaan linier

Catu daya mode-sakelar digunakan untuk memberi daya pada berbagai macam peralatan seperti komputer, elektronik sensitif, perangkat yang dioperasikan dengan baterai dan peralatan lain yang membutuhkan efisiensi tinggi.

Istilah Sinomim:

Catu daya sakelar-mode, catu daya mode switching

Seperti yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan S, serta merupakan terms yang terkait dengan Hardware.

Arti Switched-Mode Power Supply (SMPS) dalam Kamus Terjemahan Bahasa Indonesia dan Inggris

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata switched-mode power supply (smps) dalam kamus terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris.

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di artikel ini Kami akan menguraikannya berupa tabel terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris sebagai berikut.

Tipe Bahasa Indonesia Bahasa Inggris
Terminologi catu daya mode berganti (smps) switched-mode power supply (smps)
Kategori perangkat keras hardware

Penutup

Baiklah, di atas adalah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari switched-mode power supply (smps).

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasandari apa itu pengertian, maksud, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi artikel lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog UrlWebsite Kami.

Sumber (Referensi)

Artikel ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia dan Techterms. Kata Switched-Mode Power Supply (SMPS) ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Hardware” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan S. Artikel ini di-update pada bulan Jun tahun 2024.

UrlWebsite Blog: Membahas Teknologi Lebih Lanjut!