Sovereign Cloud: Pengertian, Makna, Contoh + Pembahasannya!

3 menit membaca

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Cloud Service Providers Atau Penyedia Layanan Awan

Berikut ini adalah postingan artikel kategori Cloud Computing yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata sovereign cloud berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Sovereign Cloud

Apa itu sebetulnya yang dimaksud dengan sovereign cloud ini?

Cloud Sovereign adalah arsitektur komputasi awan yang dirancang dan dibangun untuk memberikan akses data sesuai dengan hukum dan peraturan setempat.

Penyedia layanan cloud yang berdaulat akan memastikan bahwa data masing -masing pelanggan – termasuk metadata mereka – dilindungi dari akses asing dan disimpan sesuai dengan mandat privasi negara asal.

Kedaulatan cloud mengharuskan penyedia untuk memantau layanan penyimpanan cloud dan data mereka dan membuktikan kepatuhan terhadap privasi data lokal dan undang -undang keamanan.

Klaim kedaulatan ditetapkan dengan penilaian rutin catatan bahwa izin akses log dan pergerakan data dalam periode waktu yang ditentukan.

Jika penyedia cloud gagal penilaian kedaulatannya, mereka mungkin harus membayar penalti atau mengganti pelanggan untuk kerusakan yang disebabkan oleh akses nakal.

Standar untuk cloud berdaulat dapat bervariasi secara drastis tergantung pada di mana server cloud dan data berada.

Sebagai contoh, beberapa negara dan negara bangsa menegakkan persyaratan ketat untuk melindungi kedaulatan data, sementara di negara lain bisnis dan individu dapat menentukan sendiri bagaimana data swasta akan diamankan dalam perjalanan dan istirahat.

Pembahasan dari Apa itu Pengertian, Makna, serta Contoh dari Istilah Sovereign Cloud

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Sovereign Cloud
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Sovereign Cloud

Baik, agar kita dapat lebih mendalami arti penjelasan serta maksud dari acronym atau kata tersebut di atas, pastinya kita juga perlu memahami lebih dalam tentang pembahasan tentang apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi sovereign cloud.

Akses data dan standar perlindungan dapat bervariasi sesuai dengan jenis data yang sedang disimpan.

Baca juga :  Insights as a Service (IaaS): Pengertian, Maksud, dan Pembahasannya!

Misalnya, data keuangan dan medis seringkali membutuhkan standar yang lebih ketat untuk penyimpanan cloud daripada jenis data lainnya.

Sejarah

Menentukan awal intervensi pemerintah dalam keadaan cloud dan data pengguna adalah rumit.

Namun, dua peristiwa khususnya pada awal 2010 -an dapat dilihat sebagai apa yang memulai undang -undang kedaulatan cloud nasional dan internasional: insiden program prisma, di mana terungkap bahwa NSA Amerika memanfaatkan data pengguna yang dipegang oleh perusahaan swasta besar (seperti Apple dan Google) dan keterlibatan Microsoft dengan Departemen Kehakiman pada tahun 2013, di mana Microsoft pergi ke pengadilan untuk memerangi surat perintah FBI untuk informasi yang disimpan di server non-AS, yaitu, email dari akun target yang disimpan di Irlandia.

Kedua contoh menyoroti pentingnya memiliki undang -undang dan standar yang jelas dari apa yang dapat dilakukan organisasi dan pemerintah dengan data pengguna.

Di AS, Undang-Undang Komunikasi Tersimpan (SCA) tahun 1986 mengatur penyimpanan dan penggunaan data yang disimpan melalui komunikasi dan catatan transaksional yang dipegang oleh organisasi pihak ketiga.

Undang -undang ini memberikan perlindungan privasi hukum bagi pelanggan penyedia layanan jaringan.

Tindakan Cloud 2018

Klarifikasi UU Penggunaan Data (Cloud) di luar negeri mengubah SCA 1986 untuk memasukkan komunikasi modern dalam konteks internasional.

Cloud Act memungkinkan pemerintah AS untuk menuntut akses ke data dari awan perusahaan yang tunduk pada yurisdiksi AS.

Tindakan ini tidak hanya termasuk bisnis dan organisasi Amerika yang ketat, tetapi juga entitas asing yang beroperasi di AS atau dengan data dan informasi warga AS.

Tetapi untuk mencegah mengulangi insiden intrusi privasi sebelumnya, Cloud Act menentukan perlunya penyelidikan kriminal yang sedang berlangsung di hadapan pemerintah AS dapat menuntut akses ke cloud berdaulat.

Baca juga :  Cloud Security Broker: Pengertian, Arti, dan Pembahasannya!

Akses dan daya

Tidak mengherankan bahwa data dianggap sebagai ″minyak masa depan.″ Data sangat berharga karena memiliki kekuatan untuk mempengaruhi seluruh pasar, serta lanskap politik dan ekonomi.

Tanpa undang -undang yang tepat, informasi pribadi dapat disalahgunakan untuk keuntungan dan pengaruh.

Namun, alih -alih menekan data dengan harapan menjaga agar pemiliknya tetap aman, ada beberapa cara dalam jumlah besar data yang disimpan di cloud dapat sangat bermanfaat bagi proyek dan inovasi di masa depan.

Misalnya, Asosiasi Ruang Data Internasional bertujuan untuk menempatkan data kedaulatan untuk digunakan di Internet of Things (IoT) dan proyek kecerdasan buatan (AI) di seluruh Eropa.

Gaia-X juga berupaya mengembangkan federasi infrastruktur data yang berdaulat, efisien, kompetitif, namun aman dan dapat dipercaya.

Seperti yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan S, serta merupakan terms yang terkait dengan Cloud Computing dengan subkategori Cloud Service Providers.

Arti Sovereign Cloud dalam Kamus Terjemahan Bahasa Indonesia dan Inggris

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata sovereign cloud dalam kamus terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris.

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di artikel ini Kami akan menguraikannya berupa tabel terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris sebagai berikut.

Tipe Bahasa Indonesia Bahasa Inggris
Terminologi cloud sovereign sovereign cloud
Kategori komputasi awan cloud computing

Penutup

Baiklah, di atas adalah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari sovereign cloud.

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Baca juga :  Web Farm: Pengertian, Arti, dan Pembahasannya!

Lihat juga pembahasan tentang apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi artikel lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog UrlWebsite Kami.

Sumber (Referensi)

Artikel ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia dan Techterms. Kata Sovereign Cloud ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Cloud Computing dengan subkategori Cloud Service Providers” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan S. Artikel ini di-update pada bulan Feb tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UrlWebsite Blog: Membahas Teknologi Lebih Lanjut!