Simple Network Management Protocol (SNMP): Pengertian, Arti, dan Pembahasannya!

2 menit membaca

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Networking Atau Jaringan

Berikut ini adalah postingan artikel kategori Networking yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata simple network management protocol (snmp) berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Simple Network Management Protocol (SNMP)

Apa itu sebetulnya yang dimaksud dengan simple network management protocol (snmp) ini?

Simple Network Management Protocol (SNMP) adalah seperangkat protokol untuk manajemen dan pemantauan jaringan.

Protokol ini didukung oleh banyak perangkat jaringan khas seperti router, hub, jembatan, sakelar, server, workstation, printer, rak modem, dan komponen dan perangkat jaringan lainnya.

Perangkat yang didukung adalah semua item yang dilampirkan jaringan yang harus dipantau untuk mendeteksi kondisi.

Kondisi ini harus ditangani untuk administrasi jaringan yang tepat, tepat dan berkelanjutan.

Standar SNMP mencakup protokol lapisan aplikasi, satu set objek data dan metodologi untuk menyimpan, memanipulasi dan menggunakan objek data dalam skema database.

Protokol SNMP termasuk dalam lapisan aplikasi TCP/IP sebagaimana didefinisikan oleh Gugus Tugas Rekayasa Internet (IETF).

Pembahasan dari Apa itu Pengertian, Arti, dan Istilah Teknis Kata Simple Network Management Protocol (SNMP)

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Simple Network Management Protocol (SNMP)
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Simple Network Management Protocol (SNMP)

Baik, agar kita dapat lebih mendalami arti penjelasan serta maksud dari acronym atau kata tersebut di atas, pastinya kita juga perlu memahami lebih dalam tentang pembahasan mengenai apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi simple network management protocol (snmp).

Biasanya, protokol manajemen jaringan sederhana menggunakan satu atau beberapa komputer administratif, yang disebut manajer, yang mengawasi kelompok komputer jaringan dan perangkat terkait.

Baca juga :  Domain Name Dispute: Pengertian, Maksud, dan Pembahasannya!

Program perangkat lunak yang terus berjalan, yang disebut agen, memberi informasi kepada manajer melalui SNMP.

Agen membuat variabel dari data dan mengaturnya menjadi hierarki.

Hirarki, bersama dengan metadata lainnya, dapat berupa jenis dan deskripsi variabel dan dijelaskan oleh basis informasi manajemen – database virtual hierarkis objek jaringan.

Tiga komponen utama dari jaringan yang dikelola oleh SNMP adalah perangkat yang dikelola (router, server, sakelar, dll.), Agen perangkat lunak, dan sistem manajemen jaringan.

Mungkin ada lebih dari satu NMS di jaringan yang dikelola.

SNMP menggunakan 7 Unit Data Protokol: GetRequest, SetRequest, GetNExtrequest, GetBulkRequest, Response, Trap dan Informrequest.

PDU mengaktifkan permintaan untuk data spesifik dalam bentuk variabel dari database virtual hierarkis, serta perubahan dan manipulasi logis dari/ke variabel.

Menggunakan unit data ini, SNMP sebenarnya adalah protokol sederhana untuk mengumpulkan dan mengatur informasi.

SNMP telah berevolusi menjadi tiga versi berbeda:

SNMPV1: Ini adalah implementasi pertama, yang beroperasi dalam spesifikasi informasi manajemen struktur, dan dijelaskan dalam RFC 1157.
SNMPV2: Versi ini telah meningkatkan dukungan untuk efisiensi dan penanganan kesalahan dan dijelaskan dalam RFC 1901.

Ini pertama kali diperkenalkan dalam RFC 1441 dan lebih tepat dikenal sebagai SNMP V2C.
SNMPV3: Versi ini meningkatkan keamanan dan privasi.

Itu diperkenalkan di RFC 3410.

Seperti yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan S, serta merupakan terms yang terkait dengan Networking.

Arti Simple Network Management Protocol (SNMP) dalam Kamus Terjemahan Bahasa Indonesia dan Inggris

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata simple network management protocol (snmp) dalam kamus terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris.

Baca juga :  Wavelength Division Multiplexing (WDM): Pengertian, Makna, dan Pembahasannya!

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di artikel ini Kami akan menguraikannya berupa tabel terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris sebagai berikut.

Tipe Bahasa Indonesia Bahasa Inggris
Terminologi protokol manajemen jaringan sederhana (snmp) simple network management protocol (snmp)
Kategori jaringan networking

Penutup

Baiklah, di atas adalah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari simple network management protocol (snmp).

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasan mengenai apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi artikel lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog UrlWebsite Kami.

Sumber (Referensi)

Artikel ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia dan Techterms. Kata Simple Network Management Protocol (SNMP) ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Networking” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan S. Artikel ini di-update pada bulan Feb tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UrlWebsite Blog: Membahas Teknologi Lebih Lanjut!