Role-Playing Game (RPG): Pengertian, Maksud, Contoh + Pembahasannya!

3 menit membaca

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Gaming Atau Permainan Game

Berikut ini adalah postingan artikel kategori Personal Tech yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata role-playing game (rpg) berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Role-Playing Game (RPG)

Apa itu sebetulnya yang dimaksud dengan role-playing game (rpg) ini?

Game Role-Playing (RPG) adalah genre video game di mana gamer mengontrol karakter fiksi (atau karakter) yang melakukan pencarian di dunia imajiner.

Mendefinisikan RPG sangat menantang karena kisaran genre hibrida yang memiliki elemen RPG.

Game video permainan peran tradisional berbagi lima elemen dasar:

Kemampuan untuk meningkatkan karakter Anda selama permainan dengan meningkatkan statistik atau levelnya.

Sistem tempur berbasis menu dengan beberapa pilihan keterampilan, mantra, dan kekuatan aktif serta sistem inventaris aktif dengan peralatan yang dapat dipakai seperti baju besi dan senjata.

Sebuah pencarian sentral yang berjalan di seluruh permainan sebagai alur cerita dan pencarian sisi tambahan (dan biasanya opsional).

Kemampuan untuk berinteraksi dengan unsur -unsur lingkungan atau alur cerita melalui kemampuan tambahan (mis.

Penguncian, perangkap melucuti, keterampilan komunikasi, dll.)

Keberadaan kelas karakter tertentu yang menentukan karakteristik, keterampilan, kemampuan, dan mantra karakter (mis.

Penyihir, pencuri, prajurit, dll.)

RPG modern dan hibrida tidak harus memiliki semua elemen ini, tetapi biasanya menampilkan satu atau dua dalam kombinasi dengan elemen dari genre lain.

Pembahasan dari Apa itu Definisi, Makna, serta Contoh dari Istilah Role-Playing Game (RPG)

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Role-Playing Game (RPG)
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Role-Playing Game (RPG)

Baik, agar kita dapat lebih mendalami arti penjelasan serta maksud dari acronym atau kata tersebut di atas, pastinya kita juga perlu memahami lebih dalam tentang pembahasan tentang apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi role-playing game (rpg).

Game video RPG berasal dari RPG tabletop atau pena-dan-kertas, seperti Rolemaster atau Dungeons & Dragons (D&D)-jenis permainan di mana para pemain menyamar sebagai karakter mereka dengan secara aktif menggambarkan tindakan dan pemikiran mereka.

Dalam video game RPG, bagian dari ″Master Game″ (yang bertindak sebagai narator dan wasit) diotomatisasi, dan Kecerdasan Buatan Komputer (AI) memutuskan tindakan berbagai karakter non-pemain (NPC) dan musuh .

Pengembangan alur cerita sentral yang dulunya merupakan bagian mendasar dari RPG sekolah lama, tetapi bukan persyaratan lagi dalam permainan yang lebih modern seperti RPG online multipemain (MMORPGs) secara masif.

Sebagian besar RPG diatur dalam dunia fiksi dengan fantasi tradisional atau elemen sci-fi yang dimasukkan ke dalam mekanika permainan.

Misalnya: Memilih ras seperti Dwarf atau Elf dapat memengaruhi pilihan dalam game karakter atau memodifikasi karakteristiknya atau kemampuan casting mantra.

Dalam RPG meja klasik, satu set aturan yang jelas menentukan bagaimana karakter dapat berinteraksi dengan lingkungan.

Biasanya karakter harus menggulung mati untuk menentukan apakah upaya mereka pada tindakan tertentu (seperti menyerang musuh atau meningkatkan dinding) berhasil.

RPG video game dimulai sangat mirip dengan game kertas-dan-pena, tetapi dadu diganti dengan gulungan otomatis yang dilakukan di belakang layar.

Combat ditangani dengan menu interaktif, dan dapat terjadi baik dengan cara berbasis giliran atau real-time.

Permainan modern, bagaimanapun, memperkenalkan banyak varian hibrida yang secara signifikan memperluas genre.

Sub-kategori terpenting dari genre RPG adalah:

RPG aksi

Game sebagian besar berfokus pada aspek pertempuran daripada yang naratif.

Pertempuran biasanya terjadi secara real-time, dan pemain sering mengontrol satu karakter daripada pesta.

Contohnya meliputi: Waralaba Diablo, Zelda, dan Dark Souls.

RPG strategi

Game di mana pertempuran terjadi di peta dan unit karakter dikerahkan melawan lawan.

Pengembangan karakter dan partai lebih penting daripada pilihan pertempuran karena musuh yang lebih kuat dan tingkat tinggi cenderung membanjiri partai-partai yang terbelakang.

Contohnya meliputi: Waralaba Neverwinter dan Final Fantasy; dan termasuk sub-genre penting seperti: RPG seperti nakal (mis.

Zangband, atau ruang bawah tanah Moria); dan RPG taktis (x-com, aliansi bergerigi, dll.)

RPG Petualangan

Game di mana penekanannya tidak ada narasi daripada pada elemen aksi yang biasanya lebih ringan.

Pemain harus maju melalui cerita dengan mengumpulkan barang -barang tertentu dan senjata khusus, bertemu NPC utama, atau melakukan tugas -tugas penting.

RPG petualangan biasanya termasuk dalam kategori lain, juga, seperti waralaba Fable (yang juga merupakan aksi RPG), atau seri Divinity yang jatuh baik dalam niche RPG petualangan (Divinity Divinity, Beyond Divinity); atau dalam strategi RPG One (Divinity: Original Sin).

Beberapa RPG Metroidvania (seperti Metroid atau Castlevania II: Simon’s Quest), biasanya adalah RPG petualangan dengan elemen platforming, juga.

Mmorpgs

Ini adalah permainan multipemain di mana pemain dalam jumlah besar dari berinteraksi di dunia bersama dalam apa yang pada dasarnya adalah RPG yang tak ada habisnya.

MMORPGS mencampur banyak elemen berbeda dari sub-genre lain, meskipun mereka biasanya sangat berorientasi pada pertempuran dengan fokus yang kuat pada pengumpulan barang-barang langka dan kuat untuk meningkatkan kemampuan karakter atau penampilannya.

Judul -judul terkenal termasuk World of Warcraft (WOW), Ultima Online, dan Guild Wars.

Popularitas konsep bermain peran-menjadi orang lain, di tempat lain-memastikan bahwa lebih banyak variasi pada tema belum muncul.

Istilah Sinomim:

RPG aksi, MMORPG, petualangan RPG, strategi RPG

Seperti yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan R, serta merupakan terms yang terkait dengan Personal Tech dengan subkategori Gaming.

Arti Role-Playing Game (RPG) dalam Kamus Terjemahan Bahasa Indonesia dan Inggris

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata role-playing game (rpg) dalam kamus terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris.

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di artikel ini Kami akan menguraikannya berupa tabel terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris sebagai berikut.

Tipe Bahasa Indonesia Bahasa Inggris
Terminologi permainan permainan peran (rpg) role-playing game (rpg)
Kategori teknologi pribadi personal tech

Penutup

Baiklah, di atas adalah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari role-playing game (rpg).

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasan tentang apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi artikel lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog UrlWebsite Kami.

Sumber (Referensi)

Artikel ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia dan Techterms. Kata Role-Playing Game (RPG) ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Personal Tech dengan subkategori Gaming” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan R. Artikel ini di-update pada bulan Mar tahun 2024.

UrlWebsite Blog: Membahas Teknologi Lebih Lanjut!