Reactive Power: Pengertian, Arti, Contoh + Pembahasannya!

3 menit membaca

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Tech 101

Berikut ini adalah postingan artikel kategori Tech 101 yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata reactive power berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Reactive Power

Apa itu sebetulnya yang dimaksud dengan reactive power ini?

Dalam sistem jaringan listrik, daya reaktif adalah daya yang mengalir kembali dari tujuan menuju jaringan dalam skenario arus bolak -balik.

Dalam sistem arus langsung, tegangan dan beban statis, dan sederhananya, arah energi adalah ″salah satu cara,″ tetapi dalam arus bergantian, ada berbagai fase yang berkaitan dengan elemen sistem seperti kapasitor dan induktor .

Daya reaktif mendapatkan energi kembali ke jaringan selama fase pasif.

Kekuatan reaktif juga dikenal sebagai: kekuatan hantu.

Pembahasan dari Apa itu Definisi, Maksud, serta Contoh dari Istilah Reactive Power

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Reactive Power
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Reactive Power

Baik, agar kita dapat lebih mendalami arti penjelasan serta maksud dari acronym atau kata tersebut di atas, pastinya kita juga perlu memahami lebih dalam tentang pembahasan terkait apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi reactive power.

Cara lain untuk menjelaskan hal ini adalah bahwa daya reaktif adalah daya yang dihasilkan dalam watt dari sirkuit AC ketika bentuk gelombang saat ini keluar dari fase dengan bentuk gelombang tegangan, biasanya dengan 90 derajat jika beban murni reaktif, dan merupakan hasil dari baik beban kapasitif atau induktif.

Pekerjaan aktual dilakukan hanya ketika arus dalam fase dengan tegangan, seperti dalam beban resistif.

Contohnya adalah menyalakan bola lampu pijar; Dalam energi beban reaktif mengalir ke arah beban separuh waktu, sedangkan di setengah daya lainnya mengalir darinya, yang memberikan ilusi bahwa beban tidak menghilang atau mengkonsumsi daya.

Baca juga :  Lead Nurturing: Pengertian, Makna, dan Pembahasannya!

Tiga Jenis Kekuatan

Daya reaktif adalah salah satu dari tiga jenis daya yang ada di sirkuit yang dimuat.

Kekuatan sejati

Jumlah daya aktual dalam watt yang dihamburkan oleh sirkuit

Kekuatan reaktif

Daya penghilang yang dihasilkan dari beban induktif dan kapasitif yang diukur dalam volt-amperes reaktif (VAR)

Kekuatan yang jelas

Kombinasi ukuran daya reaktif dan benar di volt-amperes (VA)

Kekuatan reaktif juga disebut ″kekuatan hantu″ karena tidak jelas ke mana ia pergi.

Ini adalah pengetahuan umum bahwa beban reaktif seperti kapasitor dan induktor tidak benar -benar menghilangkan daya dalam arti bahwa itu tidak digunakan untuk menyalakannya, tetapi mengukur tegangan dan arus di sekitarnya menunjukkan fakta bahwa mereka menjatuhkan tegangan dan menggambar arus.

Daya menghilang melalui penurunan tegangan ini dan penarikan arus adalah dalam bentuk panas atau energi limbah dan tidak dilakukan sebagai pekerjaan aktual; Karenanya insinyur telah mencari cara untuk mengurangi ini.

Karena kekuatan hantu ini, konduktor dan generator harus dinilai dan berukuran sesuai untuk membawa arus total termasuk limbah dan bukan hanya arus yang melakukan pekerjaan yang sebenarnya.

Pendulum jam

Beberapa ahli energi berbicara tentang kekuatan reaktif sebagai bagian dari gerakan kapasitor yang menyerupai pergerakan pendulum jam dari puncaknya ke nadirnya.

Dalam analogi ini, saat pendulum berayun, arus bolak -balik memasok daya aktif ke perangkat tujuan.

Saat pendulum berayun kembali ke bawah, daya reaktif bergerak kembali ke jaringan yang akan diserap.

Dalam jenis definisi ini, para ahli akan mengatakan bahwa energi reaktif adalah energi yang beredar bolak -balik antara sumber dan beban, khususnya, kekuatan reaktif ″memudar″ kembali ke sumber.

Dalam arti tertentu, ini terkait dengan keterlambatan antara arus dan tegangan.

Baca juga :  Proof of Concept (POC): Pengertian, Makna, Contoh + Pembahasannya!

Selain kapasitor, kompensator var statis dan kondensor sinkron dapat digunakan untuk menangani daya reaktif dalam suatu sistem.

Kuncinya adalah menempatkan peralatan arus reaktif dekat dengan beban daya.

Ini mengurangi jumlah arus reaktif bahwa sistem pengiriman harus membawa jarak tertentu.

Kekuatan reaktif di jaringan

Untuk menangani realitas arus bolak -balik dan jalur energi yang berubah, perencana memastikan untuk menempatkan langkah -langkah kontrol tegangan di tempat.

Pakar energi menunjukkan bahwa bahkan perubahan tegangan 5% pada sistem yang diberikan dapat menyebabkan pemadaman dan masalah lainnya.

Untuk tujuan ini, banyak elemen sistem listrik, seperti transformator, dapat beralih dari pengiriman ke penyerap daya reaktif secara fase.

Tetapi mereka yang dekat dengan tekanan industri bahwa ini akan menjadi lebih penting ketika kita beralih di bagian jaringan listrik Amerika ke energi terbarukan.

Daya reaktif dan energi terbarukan

Kekuatan reaktif juga sangat penting dalam konteks perubahan energi kita.

Untuk banyak alasan penting, energi terbarukan seperti matahari dan angin menggantikan sumber energi tradisional seperti batubara dan gas alam.

Tetapi itu mungkin memiliki konsekuensi untuk jaringan listrik secara keseluruhan.

“Lonjakan energi terbarukan ke jaringan tanpa massa berputar yang cukup dapat menyebabkan masalah serius: daya dipotong di daerah tertentu dalam upaya untuk membawa permintaan kembali sejalan dengan pasokan; dan pembangkit listrik besar terputus dari jaringan untuk mencegahnya menjadi kelebihan beban, ”tulis Archie Robb di dunia energi terbarukan, menggambarkan prinsip“ inersia grid ”dan bagaimana hal itu berlaku untuk menangani daya reaktif dalam sistem yang berubah menjadi ke mana -mana yang dapat diperbarui membangun.

Karena energi terbarukan mengirimkan energi ke jaringan secara berbeda, akan ada lebih banyak permintaan untuk mengelola daya aktif mikro dan daya reaktif yang sesuai.

Baca juga :  Refresh Cycle: Pengertian, Maksud, dan Pembahasannya!

Istilah Sinomim:

Kekuatan hantu, kekuatan sejati, kekuatan aktif

Seperti yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan R, serta merupakan terms yang terkait dengan Tech 101.

Arti Reactive Power dalam Kamus Terjemahan Bahasa Indonesia dan Inggris

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata reactive power dalam kamus terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris.

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di artikel ini Kami akan menguraikannya berupa tabel terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris sebagai berikut.

Tipe Bahasa Indonesia Bahasa Inggris
Terminologi kekuatan reaktif reactive power
Kategori tech 101 tech 101

Penutup

Baiklah, di atas adalah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari reactive power.

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasan terkait apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi artikel lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog UrlWebsite Kami.

Sumber (Referensi)

Artikel ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia dan Techterms. Kata Reactive Power ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Tech 101” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan R. Artikel ini di-update pada bulan Jan tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UrlWebsite Blog: Membahas Teknologi Lebih Lanjut!