Optical Power Meter (OPM): Pengertian, Arti, Contoh + Pembahasannya!

2 min read

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Networking Atau Jaringan

Berikut ini adalah postingan artikel kategori Networking yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata optical power meter (opm) berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Optical Power Meter (OPM)

Apa itu sebetulnya yang dimaksud dengan optical power meter (opm) ini?

Meter daya optik (OPM) adalah instrumen pengujian yang digunakan untuk secara akurat mengukur daya peralatan serat optik atau daya sinyal optik yang dilewati melalui kabel serat.

Ini juga membantu dalam menentukan kehilangan daya yang terjadi pada sinyal optik sambil melewati media optik.

Meter daya optik terdiri dari sensor yang dikalibrasi yang mengukur sirkuit penguat dan tampilan.

Sensor biasanya terdiri dari silikon (SI), germanium (GE) atau indium gallium arsenide (INGAAS) semikonduktor berbasis.

Unit tampilan menunjukkan daya optik yang diukur dan panjang gelombang yang sesuai dari sinyal optik.

Pembahasan dari Apa itu Pengertian, Makna, serta Contoh dari Istilah Optical Power Meter (OPM)

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Optical Power Meter (OPM)
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Optical Power Meter (OPM)

Baik, agar kita dapat lebih mendalami arti penjelasan serta maksud dari acronym atau kata tersebut di atas, pastinya kita juga perlu memahami lebih dalam tentang pembahasan terkait apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi optical power meter (opm).

OPM mengkalibrasi panjang gelombang dan mengukur kekuatan sinyal optik.

Sebelum pengujian, panjang gelombang yang diperlukan diatur secara manual atau otomatis.

Kalibrasi yang akurat dari panjang gelombang sinyal diperlukan untuk pengukuran level daya yang akurat, jika tidak tes dapat menghasilkan pembacaan yang salah.

Jenis sensor yang berbeda yang digunakan dalam OPM memiliki karakteristik yang berbeda.

Sebagai contoh, sensor SI cenderung jenuh pada tingkat daya rendah dan hanya dapat digunakan dalam 850 pita nanometer, sedangkan sensor GE jenuh pada tingkat daya tinggi, tetapi berkinerja buruk pada daya rendah.

Untuk menghitung kehilangan daya, OPM pertama kali terhubung langsung ke perangkat transmisi optik melalui kuncir serat, dan daya sinyal diukur.

Kemudian pengukuran dilakukan melalui OPM di ujung jarak jauh kabel serat.

Perbedaan antara dua pengukuran menampilkan total kehilangan optik yang terjadi saat menyebar melalui kabel.

Menambahkan semua kerugian yang dihitung pada bagian yang berbeda menghasilkan kerugian keseluruhan yang terjadi pada sinyal.

Seperti yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan O, serta merupakan terms yang terkait dengan Networking.

Arti Optical Power Meter (OPM) dalam Kamus Terjemahan Bahasa Indonesia dan Inggris

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata optical power meter (opm) dalam kamus terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris.

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di artikel ini Kami akan menguraikannya berupa tabel terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris sebagai berikut.

Tipe Bahasa Indonesia Bahasa Inggris
Terminologi meter daya optik (opm) optical power meter (opm)
Kategori jaringan networking

Penutup

Baiklah, di atas adalah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari optical power meter (opm).

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasan terkait apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi artikel lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog UrlWebsite Kami.

Sumber (Referensi)

Artikel ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia dan Techterms. Kata Optical Power Meter (OPM) ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Networking” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan O. Artikel ini di-update pada bulan Jun tahun 2024.

UrlWebsite Blog: Membahas Teknologi Lebih Lanjut!