Network as a Service (NaaS): Pengertian, Makna, dan Pembahasannya!

2 menit membaca

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Hardware Atau Perangkat Keras

Berikut ini adalah postingan artikel kategori Cloud Computing yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata network as a service (naas) berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Network as a Service (NaaS)

Apa itu sebetulnya yang dimaksud dengan network as a service (naas) ini?

Network as a Service (NAAS) adalah model pengiriman berbasis berlangganan yang menggabungkan infrastruktur-sebagai-layanan (IAAS) dengan layanan jaringan dan keamanan seperti penyeimbangan beban dan manajemen ancaman terpadu (UTM).

Model pengiriman memungkinkan pelanggan NAAS untuk skala infrastruktur naik turun karena tuntutan pasar berubah dan mengurangi biaya operasi (OPEX) untuk lisensi jaringan, perangkat keras, perangkat lunak, dan alat manajemen.

Adopsi NAAS sedang didorong oleh kemajuan dalam jaringan yang ditentukan perangkat lunak (SDN) dan kebutuhan untuk menyederhanakan manajemen perusahaan WAN.

Vendor di ruang pasar ini termasuk Cisco Systems, Juniper Networks dan IBM.

Pembahasan dari Apa itu Definisi, Arti, dan Istilah Teknis Kata Network as a Service (NaaS)

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Network as a Service (NaaS)
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Network as a Service (NaaS)

Baik, agar kita dapat lebih mendalami arti penjelasan serta maksud dari acronym atau kata tersebut di atas, pastinya kita juga perlu memahami lebih dalam tentang pembahasan mengenai apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi network as a service (naas).

Jaringan sebagai layanan muncul dari fenomena TI yang sangat spesifik.

Sekitar 2015, perusahaan mulai melihat lebih dekat konsep SDN atau jaringan yang ditentukan perangkat lunak.

Baca juga :  Bilinear Filtering: Pengertian, Maksud, Contoh + Pembahasannya!

Ketika jaringan yang ditentukan perangkat lunak ini maju, alih-alih menggunakan sakelar perangkat keras dan node untuk mendorong aktivitas jaringan, perusahaan mulai virtualisasi proses jaringan dan menggunakan entitas logika virtual untuk mengontrol jaringan.

Kontrol jaringan menjadi lebih terpusat.

Perusahaan menemukan cara untuk melepaskan fungsi jaringan dari infrastruktur fisik yang dulunya merupakan prasyarat untuk jaringan perusahaan.

Jaringan sebagai layanan mewakili tolok ukur tertentu di bidang TI, di mana tidak perlu lagi memiliki server fisik dan perangkat keras yang kehabisan lokasi bisnis untuk menikmati semua apa yang dilakukan server dan perangkat keras untuk perusahaan dalam pengaturan jaringan tradisional.

Dengan jaringan sebagai layanan, banyak administrasi jaringan juga dapat di-outsourcing, memberikan fleksibilitas perusahaan dan kebebasan untuk mengelola jaringan dengan keahlian teknis yang lebih sedikit.

Jaringan sebagai layanan akan terus menjadi salah satu opsi TI baru yang paling menarik bagi perusahaan yang ingin melakukan lebih banyak dalam hal arsitektur perangkat lunak, tanpa mempekerjakan insinyur dan membangun pengaturan perangkat keras fisik.

Seperti yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan N, serta merupakan terms yang terkait dengan Cloud Computing dengan subkategori Hardware.

Arti Network as a Service (NaaS) dalam Kamus Terjemahan Bahasa Indonesia dan Inggris

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata network as a service (naas) dalam kamus terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris.

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di artikel ini Kami akan menguraikannya berupa tabel terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris sebagai berikut.

Baca juga :  Wide Area Network Accelerator (WAN Accelerator): Pengertian, Maksud, dan Pembahasannya!
Tipe Bahasa Indonesia Bahasa Inggris
Terminologi jaringan sebagai layanan (naas) network as a service (naas)
Kategori komputasi awan cloud computing

Penutup

Baiklah, di atas adalah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari network as a service (naas).

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasan mengenai apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi artikel lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog UrlWebsite Kami.

Sumber (Referensi)

Artikel ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia dan Techterms. Kata Network as a Service (NaaS) ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Cloud Computing dengan subkategori Hardware” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan N. Artikel ini di-update pada bulan Feb tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UrlWebsite Blog: Membahas Teknologi Lebih Lanjut!