Media: Pengertian, Makna, dan Pembahasannya!

3 menit membaca

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Tech 101

Berikut ini adalah postingan artikel kategori Tech 101 yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata media berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Media

Apa itu sebetulnya yang dimaksud dengan media ini?

Media adalah bentuk medium jamak, yang (secara luas) menggambarkan saluran komunikasi apa pun.

Ini dapat mencakup apa saja dari kertas cetak hingga data digital, dan mencakup seni, berita, konten pendidikan dan berbagai bentuk informasi lainnya.

Apa pun yang dapat menjangkau atau mempengaruhi orang, termasuk telepon, televisi, dan internet dapat dianggap sebagai bentuk media.

Dalam konteks informatika, media berarti kedua perangkat yang digunakan untuk menyimpan data (hard drive, CD-ROM, disket, dll.) Juga yang digunakan untuk mengirimkannya (kabel, kabel), atau bahkan merambat dalam banyak bentuknya (Video, suara, podcast, dll.).

Di zaman modern, media semakin tertarik ke sisi digital bidang ini.

Media digital modern mencakup semua bentuk komunikasi yang ditransmisikan secara elektronik di seluruh dunia melalui jaringan komputer dan kabel serat optik.

Beberapa bentuk media modern ini, seperti internet atau media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dll.) Telah sepenuhnya merevolusi dunia kita.

Pembahasan dari Apa itu Pengertian, Arti, dan Istilah Teknis Kata Media

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Media
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Media

Baik, agar kita dapat lebih mendalami arti penjelasan serta maksud dari acronym atau kata tersebut di atas, pastinya kita juga perlu memahami lebih dalam tentang pembahasandari apa itu pengertian, maksud, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi media.

Sejarah media sering (agak bercanda, tetapi juga serius) dipandang sebagai tautologi.

Baca juga :  Fatal Error: Pengertian, Arti, dan Pembahasannya!

Sejarah yang direkam itu sendiri membutuhkan beberapa bentuk media yang dapat disimpan dan diteruskan sepanjang waktu.

Inovasi teknologi cetak mesin cetak memuncak dalam banyak perubahan berbeda dalam budaya Barat, dari ranah intelektual ke ruang hukum dan seterusnya.

Teknologi digital abad kedua puluh memunculkan media digital, yang pada gilirannya memfasilitasi penciptaan internet.

Penelitian akademik, selain dukungan militer Amerika, mengarah pada pengembangan Arpanet, di mana desentralisasi data dan teknologi pengalihan paket meramalkan kebangkitan internet, dan dengan demikian membingkai lanskap media digital modern.

Ada beberapa bentuk media yang tersedia saat ini, meskipun beberapa telah menjadi usang:

Media tradisional termasuk surat kabar, jurnal, radio, televisi, majalah, dan bahkan papan iklan.

Media tradisional secara luas dibagi menjadi dua subkategori: media cetak dan media siaran.

Media cetak adalah bentuk media tertua dan mencakup semua jenis publikasi kertas cetak, seperti surat kabar, majalah, buku, laporan, jurnal klinis, selebaran, esai dll.

Media siaran diperkenalkan pada awal abad ke -20 dalam bentuk radio dan (kemudian) televisi.

Ketika pengenalan TV merampingkan pentingnya radio sebagai sarana bagi orang untuk mengakses informasi dalam bentuk berita, siaran TV sekarang mulai tertinggal ketika sumber media online mengambil alih.

Media digital, yang membentuk sebagian besar komunikasi modern, terdiri dari sinyal yang dikodekan secara rumit yang ditransmisikan melalui berbagai bentuk media fisik dan virtual, seperti kabel fiberoptik dan jaringan komputer.

Media digital modern termasuk internet secara keseluruhan, tetapi pada tingkat yang lebih granular, ″media″ digunakan untuk menunjukkan situs web, blog, podcast, video, stasiun radio digital, dan ponsel, serta metode komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan data seperti pesan instan, panggilan video, dan email.

Baca juga :  User Account Provisioning: Pengertian, Arti, dan Pembahasannya!

Media komputer adalah istilah yang sering digunakan dalam informatika dengan beberapa makna yang berbeda.

Ini digunakan untuk menggambarkan perangkat elektronik yang digunakan untuk menyimpan data, seperti hard drive, drive USB, DVD, CD-ROM, dan floppy disk.

Ini juga mengacu pada media transmisi (kabel) yang digunakan untuk menghubungkan workstation bersama-sama seperti kabel koaksial, kabel serat optik, dan kabel listrik tradisional (kabel twisted-pair).

Secara lebih luas, semua teknologi yang digunakan untuk mengkomunikasikan informasi seperti video, gambar, suara, dan presentasi sering disebut sebagai media atau multimedia (jika mereka menggabungkan berbagai jenis media).

Media massa mencakup semua saluran media yang dapat menjangkau sejumlah besar orang pada saat yang sama.

Media massa tradisional termasuk saluran TV dan radio, serta majalah nasional dan internasional, sementara media massa digital sebagian besar mengacu pada platform media sosial dan majalah online populer.

Beberapa merasa masuk akal untuk memasukkan beberapa video game seperti game-game peran online multipemain (MMORPGS).

Media sosial telah disebutkan, karena platform ini termasuk dalam kategori media massa dan media digital.

Mereka terdiri dari aplikasi dan situs web yang digunakan oleh orang untuk berbagi konten secara real-time, menggunakan komputer atau smartphone mereka.

Mereka mewakili teknologi revolusioner yang memengaruhi dekade terakhir dengan memungkinkan semua orang untuk berbagi hampir semua jenis informasi di tingkat global

Seperti yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan M, serta merupakan terms yang terkait dengan Tech 101.

Arti Media dalam Kamus Terjemahan Bahasa Indonesia dan Inggris

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata media dalam kamus terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris.

Baca juga :  Gorilla Glass: Pengertian, Makna, dan Pembahasannya!

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di artikel ini Kami akan menguraikannya berupa tabel terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris sebagai berikut.

Tipe Bahasa Indonesia Bahasa Inggris
Terminologi media media
Kategori tech 101 tech 101

Penutup

Baiklah, di atas adalah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari media.

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasandari apa itu pengertian, maksud, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi artikel lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog UrlWebsite Kami.

Sumber (Referensi)

Artikel ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia dan Techterms. Kata Media ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Tech 101” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan M. Artikel ini di-update pada bulan Jan tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UrlWebsite Blog: Membahas Teknologi Lebih Lanjut!