Location-Based Services (LBS): Pengertian, Maksud, dan Pembahasannya!

2 menit membaca

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Network Management Atau Manajemen Jaringan

Berikut ini adalah postingan artikel kategori Cloud Computing yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata location-based services (lbs) berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Location-Based Services (LBS)

Apa itu sebetulnya yang dimaksud dengan location-based services (lbs) ini?

Layanan berbasis lokasi (LBS) adalah layanan jaringan yang menggunakan alamat IP dan geodata waktu-nyata untuk memberikan informasi kepada pengguna akhir yang relevan dengan lokasi fisik pengguna.

Layanan berbasis lokasi adalah opt-in dan dapat dikirim melalui mekanisme dorong atau tarik.

Dalam skema pengiriman PUSH LBS, pengguna menerima informasi di kenyamanan penyedia.

Dalam Skema Pengiriman Tarik LBS, pengguna hanya akan menerima informasi jika mereka memintanya.

Beberapa aplikasi yang paling umum untuk layanan LBS berbasis lokasi termasuk melokalisasi respons terhadap kueri mesin pencari dan memberikan arah mengemudi point-to-point.

Kasing penggunaan populer lainnya untuk layanan berbasis lokasi meliputi:

Lokasi Toko – Izinkan pelanggan ritel untuk dengan cepat menemukan lokasi toko terdekat.
Pemasaran Berbasis Kedekatan-Batasi pengiriman iklan ke perangkat komputasi dalam lokasi geografis tertentu.
Pembaruan Perjalanan-Memberikan informasi waktu nyata tentang arus lalu lintas dan cuaca ke perangkat yang terletak di dalam area yang ditentukan.
Bantuan pinggir jalan – Izinkan penyedia layanan untuk melacak lokasi pelanggan dan memberi tahu pihak berwenang jika terjadi kerusakan atau kecelakaan.
Manajemen Tenaga Kerja-Izinkan perusahaan yang bergantung pada logistik untuk melacak karyawan di dalam gedung kantor tertentu atau pabrik.
Manajemen Aset – Memfasilitasi pemantauan lokasi aset perusahaan fisik tertentu.
Deteksi Penipuan Keuangan – Mengurangi risiko keamanan dengan memperingatkan pelanggan ketika kartu kredit mereka telah digunakan untuk melakukan transaksi di beberapa lokasi geografis dalam waktu singkat.
Pengiriman Konten – Melayani konten situs web dari server CDN terdekat untuk meningkatkan waktu pemuatan halaman.

Baca juga :  Backend as a Service (BaaS): Pengertian, Maksud, dan Pembahasannya!

Pembahasan dari Apa itu Pengertian, Makna, dan Istilah Teknis Kata Location-Based Services (LBS)

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Location-Based Services (LBS)
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Location-Based Services (LBS)

Baik, agar kita dapat lebih mendalami arti penjelasan serta maksud dari acronym atau kata tersebut di atas, pastinya kita juga perlu memahami lebih dalam tentang pembahasan tentang apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi location-based services (lbs).

Kemajuan dalam aplikasi yang mendukung GPS untuk transportasi, pertanian dan logistik telah menciptakan permintaan tinggi untuk layanan berbasis lokasi dan perusahaan terus menemukan cara baru untuk menggunakan informasi lokasi perangkat.

Banyak platform pengembangan perangkat lunak, terutama yang digunakan untuk membuat aplikasi seluler, sekarang menawarkan antarmuka kinerja aplikasi khusus (API) untuk mendukung LBS.

Teknologi Layanan Berbasis Lokasi

Karena LBS sebagian besar tergantung pada lokasi pengguna, tujuan penting untuk sistem penyedia layanan LBS adalah untuk menentukan di mana pengguna berada.

Ada banyak teknik untuk mencapai ini, termasuk penggunaan GPS dan tabel pencarian Geoip.

Suar penentuan posisi jarak pendek juga dapat digunakan untuk menyediakan layanan berbasis lokasi.

Perangkat seperti itu biasanya menggunakan teknologi WiFi, ZigBee, Near-Field Communication (NFC) atau Bluetooth dan ideal untuk aplikasi LBS dalam ruangan.

Seperti yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan L, serta merupakan terms yang terkait dengan Cloud Computing dengan subkategori Network Management.

Arti Location-Based Services (LBS) dalam Kamus Terjemahan Bahasa Indonesia dan Inggris

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata location-based services (lbs) dalam kamus terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris.

Baca juga :  Endpoint Security Management: Pengertian, Arti, dan Pembahasannya!

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di artikel ini Kami akan menguraikannya berupa tabel terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris sebagai berikut.

Tipe Bahasa Indonesia Bahasa Inggris
Terminologi layanan berbasis lokasi (lbs) location-based services (lbs)
Kategori komputasi awan cloud computing

Penutup

Baiklah, di atas adalah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari location-based services (lbs).

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasan tentang apa itu pengertian, makna, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi artikel lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog UrlWebsite Kami.

Sumber (Referensi)

Artikel ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia dan Techterms. Kata Location-Based Services (LBS) ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Cloud Computing dengan subkategori Network Management” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan L. Artikel ini di-update pada bulan Feb tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UrlWebsite Blog: Membahas Teknologi Lebih Lanjut!