Mengenal Pengertian Data (Datum), Fungsi, Contoh dan Cara Menganalisanya!

3 min read

Gambar Dari Pengertian Data Apa Itu Datum Fungsi Dan Kegunaan Contoh Cara Menganalisa Serta Data Professional

Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian data, apa itu datum? fungsi, contoh dan cara menganalisanya.

Konsep data dalam konteks komputasi berakar pada karya seorang ahli yang bernama Claude Shannon, dia merupakan seorang matematikawan Amerika yang dikenal sebagai bapak teori informasi. Claude mengantarkan konsep digital biner berdasarkan penerapan logika Boolean 2 (dua) nilai ke sirkuit elektronik.

Format digit binary (biner) ini mendasari CPU, memori semikonduktor dan disk drive, serta banyak perangkat periferal yang umum digunakan dalam komputasi saat ini. Input komputer awal untuk kontrol dan data berupa kartu berlubang, diikuti oleh pita magnetis dan hard disk.

Pengertian Data

Menurut sumber dari Situs Techtarget, khususnya dalam komputasi, data adalah informasi yang telah diterjemahkan ke dalam bentuk yang efisien untuk digerakkan atau diproses.

Sehubungan dengan komputer dan media transmisi saat ini, definisi data adalah informasi yang diubah menjadi bentuk digital biner. Data dapat digunakan sebagai subjek tunggal atau subjek jamak.

Data mentah (raw) adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan data dalam format digital paling dasar.

Apa itu Data atau Datum?

Seperti yang sudah Kami singgung di atas, secara umum, data adalah sekumpulan karakter yang dikumpulkan dan diterjemahkan untuk beberapa tujuan, biasanya analisis.

Jika data tidak dimasukkan ke dalam konteks, ia tidak melakukan apa pun pada manusia atau komputer.

Ada banyak jenis data, beberapa jenis data yang lebih umum meliputi:

  • Karakter tunggal
  • Boolean (benar atau salah)
  • Teks (string)
  • Angka (integer atau floating-point)
  • Gambar
  • Suara
  • Video
Baca juga :  Teknologi Web: Apa itu? Pengertian, Jenis dan Contohnya!

Data, perlu untuk diketahui bahwa bentuk tunggalnya disebut dengan datum, jadi dapat kita katakan “datum itu sangat tinggi”.

“Data” adalah bentuk jamak jadi kita mengatakan “data tersedia”, tetapi pengertian data juga merupakan kumpulan fakta, jadi “data tersedia” juga tidak apa dan penggunaannya baik-baik saja.

Fungsi dan Kegunaan Data

Gambar Dari Fungsi Kegunaan Dan Contoh Data
Gambar Dari Fungsi Kegunaan Dan Contoh Data

Pertumbuhan di bidang teknologi, khususnya di smartphone telah menyebabkan teks, video, dan audio termasuk dalam data plus web dan juga catatan aktivitas log. Sebagian besar data ini tidak terstruktur.

Istilah big data digunakan dalam definisi data untuk mendeskripsikan data yang berada dalam kisaran petabyte atau lebih tinggi.

Big Data juga digambarkan sebagai 5V yaitu variation, volume, value, veracity dan velocity.

Saat ini, eCommerce berbasis web telah tersebar luas, model bisnis berdasarkan Big Data telah berkembang, dan mereka memperlakukan data sebagai aset itu sendiri.

Dan ada banyak manfaat dari Big Data juga, seperti pengurangan biaya, peningkatan efisiensi, peningkatan penjualan, dll.

Makna fungsi dan kegunaan data berkembang melampaui pemrosesan data dalam aplikasi komputasi. Ketika membahas tentang ilmu data, tubuh yang terbuat dari fakta disebut ilmu data.

Dengan demikian, keuangan, demografi, kesehatan, dan pemasaran juga memiliki arti data yang berbeda, yang pada akhirnya memberikan jawaban yang berbeda untuk apa itu data.

Contoh Data

Dalam penyimpanan komputer, data adalah rangkaian bit (digit biner) yang bernilai satu atau nol. Data diolah oleh CPU, yang menggunakan operasi logika untuk menghasilkan data baru (keluaran) dari data sumber (masukan).

Berikut ini merupakan contoh dari data:

RM,Digital, 1234 Circle,SLC,UT,8404,8015553277
0143 0757 0155 0160 0165 0164 0145 0762 0040 0150 0157 0160 0145
01100011011011110110110101111000011101010111010001100111011100100010000001101000000101

Cara Menganalisa Data

Terlepas dari pengertian dan artinya, sejak awal, pentingnya data dalam komputasi bisnis menjadi jelas dengan popularitas istilah “pemrosesan data” dan “pemrosesan data elektronik” yang untuk sementara waktu, mencakup keseluruhan dari apa yang sekarang dikenal sebagai teknologi informasi.

Baca juga :  Halo Dunia! Ini Adalah Postingan Pertama UrlWebsite!

Selama sejarah komputasi perusahaan, spesialisasi terjadi, dan profesi data yang berbeda muncul seiring dengan pertumbuhan pemrosesan data perusahaan.

Idealnya, ada 2 (dua) cara untuk menganalisis data:

  1. Analisis data dalam penelitian kualitatif
  2. Analisis data dalam penelitian kuantitatif

Berikut ini penjelasan dari masing-masing cara analisisnya.

1. Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif

Analisis data dan penelitian dalam informasi subjektif bekerja lebih baik daripada informasi numerik karena kualitas informasi terdiri dari kata-kata, penggambaran, gambar, objek, dan terkadang gambar.

Mendapatkan pengetahuan dari data yang terjerat seperti itu adalah prosedur yang membingungkan, dengan demikian, biasanya digunakan untuk penelitian eksplorasi serta analisis data.

Meskipun ada beberapa cara berbeda untuk menemukan pola dalam data tercetak, strategi berbasis kata adalah metode global yang paling bergantung dan digunakan secara luas untuk penelitian dan analisis data.

Proses analisis data dalam penelitian kualitatif terutama bersifat manual. Di sini para spesialis, biasanya, membaca informasi yang dapat diakses dan menemukan kata-kata yang monoton atau sering digunakan.

2. Analisis Data dalam Penelitian Kuantitatif

Tahapan utama dalam penelitian dan analisis data adalah melakukan pengujian dengan tujuan agar informasi nominal dapat diubah menjadi sesuatu yang penting.

Penyusunan data terdiri dari berikut ini.

  • Validasi data
  • Pengeditan Data
  • Pengkodean Data

Untuk penelitian statistik kuantitatif, penggunaan analisis deskriptif secara teratur memberikan angka tertinggi. Namun, analisis tidak pernah cukup untuk menunjukkan justifikasi di balik angka-angka tersebut.

Namun, penting untuk memikirkan tentang teknik terbaik yang akan digunakan untuk penelitian dan analisis data yang sesuai dengan survei ulasan Anda dan apa yang perlu diceritakan oleh pakar cerita.

Akibatnya, perusahaan yang siap untuk sukses di dunia yang sangat kompetitif harus memiliki kapasitas yang luar biasa untuk menyelidiki informasi penelitian yang kompleks, menyimpulkan sedikit pengetahuan yang penting, dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar yang baru.

Baca juga :  Mengenal Pengertian Internet dan Cara Kerjanya!

Data Professional

Profesi administrator database adalah cabang dari TI (Teknologi Informasi). Pakar database ini bekerja untuk merancang, menyetel, dan memelihara database.

Profesi data berakar kuat ketika sistem manajemen basis data relasional atau Relational Database Management System (RDBMS) digunakan secara luas di perusahaan, dimulai pada 1980-an.

Kenaikan database relasional dimungkinkan sebagian oleh Structured Query Language (SQL). Kemudian, database non-SQL, yang dikenal sebagai database NoSQL, muncul sebagai alternatif untuk RDBMS yang telah ditetapkan.

Penutup

Data adalah informasi yang diolah atau disimpan oleh sesuatu dan biasanya, informasi ini dapat berupa dokumen teks, gambar, klip audio, program perangkat lunak, atau jenis data lainnya. Data komputer dapat diproses oleh CPU komputer dan disimpan dalam file dan folder pada hard disk komputer.

Demikianlah postingan Kami kali ini yang membahas tentang pengertian data, apa itu datum? fungsi, contoh dan cara menganalisanya. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.

UrlWebsite Admin

Tinggalkan Balasan

UrlWebsite Blog: Data, Internet dan Teknologi Web!