Atomicity Consistency Isolation Durability (ACID): Pengertian, Makna, Contoh + Pembahasannya!

3 menit membaca

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Data Management Atau Manajemen Data

Berikut ini adalah postingan artikel kategori Data Management yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata atomicity consistency isolation durability (acid) berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Atomicity Consistency Isolation Durability (ACID)

Apa itu sebetulnya yang dimaksud dengan atomicity consistency isolation durability (acid) ini?

Konsistensi atomisitas Durabilitas (asam) adalah konsep dalam sistem manajemen database (DBMS) yang mengidentifikasi satu set sifat standar yang digunakan untuk menjamin keandalan database yang diberikan.

Asam mengacu pada empat sifat transaksi sistem basis data: atomisitas, konsistensi, isolasi dan daya tahan.

Transaksi adalah urutan operasi yang memenuhi sifat -sifat ini.

Sifat asam memastikan bahwa semua transaksi basis data tetap akurat dan konsisten, dan mendukung pemulihan dari kegagalan yang mungkin terjadi selama operasi pemrosesan.

Ini diimplementasikan oleh hampir semua database relasional.

Pembahasan dari Apa itu Pengertian, Arti, serta Contoh dari Istilah Atomicity Consistency Isolation Durability (ACID)

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Atomicity Consistency Isolation Durability (ACID)
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Atomicity Consistency Isolation Durability (ACID)

Baik, agar kita dapat lebih mendalami arti penjelasan serta maksud dari acronym atau kata tersebut di atas, pastinya kita juga perlu memahami lebih dalam tentang pembahasan tentang apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi atomicity consistency isolation durability (acid).

Basis data menjamin empat properti berikut untuk memastikan keandalan basis data, sebagai berikut:

Atomisitas

Atomisitas adalah properti yang memastikan bahwa database mengikuti aturan All atau Nothing.

Dengan kata lain, database mempertimbangkan semua operasi transaksi sebagai satu unit atau atom utuh.

Dengan demikian, ketika suatu basis data memproses transaksi, ia sepenuhnya diselesaikan atau tidak dieksekusi sama sekali.

Jika satu bagian dari transaksi gagal, seluruh transaksi akan gagal.

Misalnya, pengguna A ingin menarik $ 50 dari akunnya dan kemudian mentransfernya ke akun pengguna B.

Setiap transaksi (menarik $ 50 dari akun A dan mentransfer $ 50 ke akun b) dihitung sebagai terpisah.

Jika transaksi pertama (menarik $ 50) gagal karena (katakanlah) server macet selama transaksi, pengguna A tidak dapat mentransfer uang ke pengguna B.

Atomisitas sangat penting untuk mengurangi kerusakan jika terjadi kerusakan server database.

Jika basis data yang tidak mudah menguap macet di tengah transaksi, semua perubahan yang dilakukan akan dibuang atau digulung kembali untuk menghindari mengirimkan hasil parsial ke database produksi.

Konsistensi

Konsistensi adalah properti yang memastikan bahwa hanya data yang valid yang mengikuti semua aturan dan kendala yang ditulis dalam database.

Ketika transaksi menghasilkan data yang tidak valid, database kembali ke keadaan sebelumnya, yang mematuhi semua aturan dan kendala adat.

Konsistensi adalah kunci untuk mempertahankan integritas data.

Semua data yang tidak konsisten dibuang, dan semua transaksi yang dapat menyebabkan ketidakkonsistenan dibatalkan dan kesalahan dibuat atau ditranskripsi ke dalam log kesalahan.

Misalnya, jika pengguna A ingin menarik $ 1.000 dari akunnya, tetapi hanya memiliki saldo $ 500, konsistensi akan mencegahnya menarik uang dan transaksi akan dibatalkan.

Isolasi

Isolasi adalah properti yang menjamin individualitas dari setiap transaksi, dan mencegah mereka terpengaruh dari transaksi lain.

Ini memastikan bahwa transaksi diproses secara aman dan mandiri pada saat yang sama tanpa gangguan, tetapi tidak memastikan urutan transaksi.

Misalnya, pengguna A menarik $ 100 dan pengguna B menarik $ 250 dari akun pengguna Z, yang memiliki saldo $ 1.000.

Karena penarikan A dan B dari akun Z, salah satu pengguna diharuskan menunggu sampai transaksi pengguna lainnya selesai, menghindari data yang tidak konsisten.

Jika B harus menunggu, maka B harus menunggu sampai transaksi A selesai, dan saldo akun Z berubah menjadi $ 900.

Sekarang, B dapat menarik $ 250 dari saldo $ 900 ini.

Daya tahan

Daya tahan adalah properti yang menegakkan transaksi yang telah menyelesaikan, menjamin bahwa sekali masing -masing dari mereka telah dilakukan, itu akan tetap dalam sistem bahkan dalam kasus kegagalan berikutnya.

Jika suatu transaksi berhasil, semua perubahan yang dihasilkan olehnya disimpan secara permanen.

Dalam contoh di atas, pengguna B dapat menarik $ 100 hanya setelah transaksi pengguna A selesai dan diperbarui dalam database.

Jika sistem gagal sebelum transaksi A dicatat dalam database, A tidak dapat menarik uang apa pun, dan akun Z kembali ke keadaan konsisten sebelumnya.

Seperti yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan A, serta merupakan terms yang terkait dengan Data Management.

Arti Atomicity Consistency Isolation Durability (ACID) dalam Kamus Terjemahan Bahasa Indonesia dan Inggris

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata atomicity consistency isolation durability (acid) dalam kamus terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris.

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di artikel ini Kami akan menguraikannya berupa tabel terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris sebagai berikut.

Tipe Bahasa Indonesia Bahasa Inggris
Terminologi daya daya isolasi konsistensi atomisitas (asam) atomicity consistency isolation durability (acid)
Kategori manajemen data data management

Penutup

Baiklah, di atas adalah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari atomicity consistency isolation durability (acid).

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasan tentang apa itu pengertian, arti, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi artikel lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog UrlWebsite Kami.

Sumber (Referensi)

Artikel ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia dan Techterms. Kata Atomicity Consistency Isolation Durability (ACID) ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “Data Management” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan A. Artikel ini di-update pada bulan Mar tahun 2024.

UrlWebsite Blog: Membahas Teknologi Lebih Lanjut!