Application Framework: Pengertian, Arti, Contoh + Pembahasannya!

2 min read

Gambar Kamus Akronim Istilah Jargon Dan Terminologi Teknologi Devops

Berikut ini adalah postingan artikel kategori DevOps yang membahas tentang penjelasan pengertian, definisi, dan arti dari istilah kata application framework berdasarkan rangkuman dari berbagai jenis macam sumber (referensi) relevan, terkait, serta terpercaya.

Pengertian Application Framework

Apa itu sebetulnya yang dimaksud dengan application framework ini?

Kerangka kerja aplikasi adalah pustaka perangkat lunak yang menyediakan struktur mendasar untuk mendukung pengembangan aplikasi untuk lingkungan tertentu.

Kerangka kerja aplikasi bertindak sebagai dukungan kerangka untuk membangun aplikasi.

Tujuan merancang kerangka kerja aplikasi adalah untuk mengurangi masalah umum yang dihadapi selama pengembangan aplikasi.

Ini dicapai melalui penggunaan kode yang dapat dibagikan di berbagai modul aplikasi.

Kerangka kerja aplikasi digunakan tidak hanya dalam pengembangan antarmuka pengguna grafis (GUI), tetapi juga di bidang lain seperti aplikasi berbasis web.

Kerangka kerja aplikasi bukanlah ide yang baru -baru ini muncul.

Beberapa kerangka kerja aplikasi lama yang masih digunakan saat ini adalah kerangka kerja antarmuka pengguna SmallTalk, MacApp (untuk Macintosh), dan Struts (untuk aplikasi Java berbasis web).

Pembahasan dari Apa itu Definisi, Maksud, serta Contoh dari Istilah Application Framework

Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Application Framework
Ilustrasi Gambar Pembahasan Apa Itu Pengertian Arti Dan Definisi Istilah Akronim Jargon Kata Teknis Atau Terminologi Application Framework

Baik, agar kita dapat lebih mendalami arti penjelasan serta maksud dari acronym atau kata tersebut di atas, pastinya kita juga perlu memahami lebih dalam tentang pembahasan mengenai apa itu pengertian, maksud, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi application framework.

Karena keinginan untuk membuat GUI dalam aplikasi dengan upaya pengembangan yang lebih sedikit, kerangka kerja aplikasi terbukti menjadi solusi yang baik, dengan memberikan kerangka kerja standar dengan struktur kode yang telah ditentukan sebelumnya.

Misalnya, MFC (Microsoft Foundation Class) adalah kerangka kerja aplikasi yang digunakan dalam lingkungan Windows untuk mengembangkan aplikasi dalam bahasa C ++.

MFC memiliki semua alat untuk pembuatan kode otomatis untuk kontrol GUI dalam kerangka kerja.

Kerangka kerja aplikasi bertindak sebagai alat untuk memasok struktur dan templat untuk membangun aplikasi.

Dengan menggunakan teknik yang berorientasi objek saat menerapkan kerangka kerja, kelas yang sudah ada sebelumnya dapat digunakan untuk membangun aplikasi dengan mudah.

Keuntungan menggunakan kerangka kerja aplikasi adalah:

Komponen kerangka kerja memungkinkan pengembang untuk menggunakannya secara sepotong demi sepotong.

Hal ini menghasilkan alokasi pengembang yang lebih baik berdasarkan keahlian mereka, pengurangan kesalahan, dan biaya pengembangan yang lebih rendah.
Kode dan Desain Ulang Bantuan membantu dalam penggunaan komponen yang diuji, yang meningkatkan kualitas.
Perluasan untuk menyesuaikan kerangka kerja untuk mengimplementasikan persyaratan bisnis.
Kesederhanaan dicapai dengan fitur enkapsulasi, yang membantu mengontrol mengakses komponen dan memberikan keamanan data.
Pemeliharaan kode yang lebih baik karena semua kode dasar terpusat di satu lokasi.
Selain kode, interaksi yang telah ditentukan antara kelas yang berbeda membentuk templat untuk mengurangi upaya pengembangan.

Ini memberikan awal yang lebih baik untuk pengembangan perangkat lunak dan AIDS dalam pengembangan aplikasi yang cepat.

Seperti yang sudah kita lihat di atas, istilah ini merupakan salah satu dari kumpulan kamus, akronim, istilah, jargon, atau terminologi dalam bidang teknologi yang diawali dengan abjad atau awalan A, serta merupakan terms yang terkait dengan DevOps.

Arti Application Framework dalam Kamus Terjemahan Bahasa Indonesia dan Inggris

Selain membahas tentang pengertian dan pembahasan definisinya, untuk lebih memperdalamnya, di sini kita juga perlu mengetahui apa arti kata application framework dalam kamus terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris.

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, di artikel ini Kami akan menguraikannya berupa tabel terjemahan bahasa Indonesia dan Inggris sebagai berikut.

Tipe Bahasa Indonesia Bahasa Inggris
Terminologi kerangka kerja aplikasi application framework
Kategori devop devops

Penutup

Baiklah, di atas adalah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari application framework.

Semoga postingan artikel yang sudah Kami bagikan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat juga pembahasan mengenai apa itu pengertian, maksud, dan akronim, istilah, jargon, atau terminologi artikel lainnya yang berhubungan dengan bidang Teknologi yang ada di laman blog UrlWebsite Kami.

Sumber (Referensi)

Artikel ini dibuat berdasar dari simpulan arti definisi dari berbagai referensi relevan yang berotoritas seperti Wikipedia, Webopedia Technology Dictionary dan beberapa sumber lainnya seperti Technopedia dan Techterms. Kata Application Framework ini merupakan salah satu dari kumpulan terminologi “DevOps” dalam bidang teknologi yang dimulai dengan abjad atau awalan A. Artikel ini di-update pada bulan Jun tahun 2024.

UrlWebsite Blog: Membahas Teknologi Lebih Lanjut!